Wabup KBB: Pesantren, Menyeimbangkan Kehidupan Duniawi dengan Ukhrawi

1-2_2

Wakil Bupati Bandung Barat Drs. H. Yayat T. Soemitra menghadiri peresmian Pondok Pesantren Al-Barkah Wal Khoirul Daarul Khodir As-Salyan di Kampung Cibeunying, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (6/3/2016). Wabup berpendapat bahwa pesantren merupakan tempat yang sangat strategis untuk mempelajari agama sebagai penyeimbang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga Indonesia menuju negara yang lurus sebagai baldatun thayibatun warabbun ghafur.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Biro Pelayanan Sosial Pemprov Jabar, H. Dadi Iskandar; Pimpinan Ponpes Al-Khoirat Bekasi Habib Naqib; Pengasuh Pondok Pesantren Al-Khoirat Bekasi, Habib Vad’aq; Pimpinan Ponpes Al Barkah Wal Khoirul Daarul Khodir As Salyan, Ust. H. Ibrahim Ahmad Ruang, L.C.;  Pimpinan Ponpes Ad-Dahlaniyah Soreang, Ust. Salimul Apip; Unsur Muspika (Camat Cisarua, Danramil Cisarua, dan Kapolsek Cisarua), serta tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

Wakil Bupati mengutip Alquran Surat At-Taubah ayat (122) yang berbunyi, “Tidak sepatutnya bagi kaum mukmin itu pergi semuanya. Mengapa tidak disisakan sebagian dari mereka untuk memperdalam agama, sehingga memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga diri”.

Melaksanakan ayat ini secara aktual, Yayat Soemitra mengatakan, dalam mengelola masyarakat, pemimpin hendaknya menerjunkan masyarakat ke dalam berbagai macam kehidupan. Sebagian menangani masalah ilmu pengetahuan, sebagian mengurus teknologi, sebagian mengurus pembangunan, sebagian mengurus ekonomi, dan sebagainya. Namun mereka tidak boleh melupakan untuk menerjunkan sebagian dari mereka SDM yang memperdalam agama.

“Pondok pesantren merupakan tempat yang paling cocok untuk mempelajari agama itu. Itulah sebabnya, pondok pesantren akan selalu aktual dan relevan keberadaannya dalam keadaan apa pun. Ini merupakan upaya kita menyeimbangkan antara kehidupan duniawi dengan ukhrawi,” kata Yayat Soemitra. (WA/Aria/Newsroom Bandung Barat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *