Seputar Bandung barat

KEBAKARAN PASAR TAGOG PADALARANG

IMG_8270-compressed

PADALARANG – Siaga Piket terus kami jalankan 2 X 24 Jam dan banyak sekali aktifitas para personil kerjakan ketika siang hari antara lain ikut serta dalam latihan untuk memperingati hut damkar tingkat jawa barat akan tetapi tugas utama kami untuk siaga piket selalu rutin kami kerjakan.

Telepon kantor berbunyi yang mengindikasikan menurut informasi Telah terjadi kebakaran pada hari Kamis tanggal 10 Maret 2016 sekitar pukul 23.20 WIB yang berlokasi di Pasar Tagog Padalarang dengan Luas Areal Kebakaran kurang lebih 380 M persegi yang berupa kios kios atau lapak para pedangang kecil dengan kerugian belum bisa ditaksir sedangkan penyebab kebakarannya masih dalam penyelidikan petugas kepolisian. Dalam Jangkauan respon time 5 menit saja kami UPT Pemadam Kebakaran telah meluncurkan 5 unit armada pemadam kebakaran Kab. Bandung Barat, dengan dibantu oleh pemadam kebakaran Kab. Bandung, Kota Cimahi Dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung.

Para kesatria biru terus berjibaku memadamkan si jago merah dengan kegigihan mereka alhamdulilah si jago merahpun bisa kami di jinakan pada pukul 01.15 WIB dengan pendinginan berkisar sampai dengan pukul 01.45 WIB. maka kami gajah merah satria biru UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten bandung Barat langsung kembali ke Markas Komando Di Kota baru Parahyangan.

Bosscha Ajak Warga Nonton Bareng Gerhana Matahari Total

TEMPO.CO, Bandung – Observatorium Bosscha di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, mengajak masyarakat mengamati gerhana matahari total bersama-sama  pada 9 Maret 2016. Kegiatan itu digelar di lapangan tenis berkapasitas 400 orang yang strategis untuk melihat proses gerhana matahari secara jelas.

Koordinator kunjungan Observatorium Bosscha Evan Irawan Akbar mengatakan warga bisa langsung datang ke Observatorium Boscha tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu.
Observatorium Bosscha menyediakan 100 kaca mata matahari dan tiga teleskop  berdiameter 20 sentimeter yang bisa digunakan pengunjung untuk mengamati gerhana matahari total.

“Pengunjung harus antri untuk bisa melihatnya di teleskop, dan bergantian memakai kacamata mataharinya,” kata Evan kepada Tempo, Rabu, 17 Februari 2016.

Evan menjelaskan gerhana matahari yang terlihat di Bandung hanya parsial atau sebagian. Piringan matahari yang akan tertutup bulan, kata Evan, sebesar 88 persen. “Waktu puncak gerhananya di Bandung pukul 07.21 WIB, dimulai sekitar 06.30 dan selesai gerhana sekitar 08.30 WIB,” katanya.

Selain mengamati gerhana matahari, pengunjung Oservatorium Bosscha juga bisa menyaksikan siaran langsung gerhana matahari total di Balikpapan dan Poso. Tayangan tersebut dibuat oleh tim peneliti  Observatorium Bosscha yang berada di kedua daerah tersebut.

Evan mengatakan Observatorium Bosscha menyebar tim penelitinya ke daerah lintasan gerhana matahari total. Selain mengamati korona matahari saat gerhana, para astronom itu juga meneliti pengaruh gerhana terhadap gravitasi dengan pembuatan pendulum.

ANWAR SISWADI

berikut ilustrasi gerhana matahari 9 maret 2016

https://www.youtube.com/watch?v=f9Fi5pWPJvU